Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Mahasiswa Unggulan Tahun Ini Semakin Difasilitasi Oleh Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari

Sumber: Instagram resmi Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari.

Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin mengadakan Program Mahasiswa Unggulan (PMU). Program ini dimulai semenjak tanggal 15 Juli 2024.

Program ini merupakan lanjutan dari program Intensif Regular. Dalam program ini menekankan pembahasan terkait keterampilan berbicara, menulis dan tes kebahasaan. 

Kepala UPB, Fatwiah Noor mengungkapkan adanya perbedaan seleksi PMU dari sebelumnya.

“Tahun ini kami lebih detail. Tahun kemarin pada saat tes seleksi itu kami tidak terlalu fokus pada kemampuan berbahasa awal mahasiswa secara lisan. Tidak ada tes speaking atau kalam ketika seleksi awal,” ungkapnya.

Ia menambahkan adanya program ini difasilitasi oleh pihak UPB.

“Kami mendatangkan langsung native speaker dari Arab. Untuk program bahasa Inggris tahun ini akan kami fasilitasi kemungkinan besar tes di akhir itu akan mengarah pada tes IELTS, setidaknya ITP atau IELTS lah untuk syarat-syarat kuliah di luar negeri,” tambahnya.

Besar harapan beliau bagi mahasiswa/i UIN dapat berkemampuan menulis artikel maupun essay dalam bahasa Arab.

“Kami harapkan siswa itu bisa berbahasa Inggris dengan lancar, dan bisa menampilkan kemampuannya melalui lisan. Kemudian keterampilan menulis, mahasiswa juga kami harapkan bisa menulis berbahasa Arab dengan baik,” harapnya.

Salah satu mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Azizah Najwa Maulida merasa senang dan bangga menjadi bagian dari Program tersebut.

“Kalau perasaan aku sih seneng, karena UPB Unggulan ini kan orang-orang yang dipilih aja dari yang daftar. Jadi aku merasa kayak seneng terpilih sebagai orang yang bisa lolos di UPB unggulan ini. Exited juga, karena ketemu temen-temen baru lagi dan nambah wawasan makin luas gitu,” kesannya.

Reporter: Sufla, Anisya & Yadiel

Editor: Lunta

Posting Komentar untuk "Program Mahasiswa Unggulan Tahun Ini Semakin Difasilitasi Oleh Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari"